Jumat, 01 September 2017

Pengertian, Fungsi, Klasifikasi, Media, Sumber, Jenis, Laporan, Tipe, Tabel dalam Reservasi Perhotelan

Suatu proses  permintaan pesanan kamar dan fasillitas lain yang diinginkan oleh calon tamu untuk periode tertentu.

WIG (Walk in Guest) : tamu yang datang ke hotel untuk menginap tanpa melalui reservasi.

Fungsi reservasi
1.       keuntungan bagi hotel.
ü  Hotel dapat membloking kamar.
ü  Hotel dapat informasi dari calon tamu sehingga hotel dapat menyiapkan perlengkapan  yang diperlukan.
ü  Hotel dapat memprediksi tingkat hunian hotel pada periode tertentu.
1.       keuntungan bagi tamu.
ü  Bisa mendapatkan kamar sesuai yang diingikan.
ü  Tamu dapat memperkirakan biaya yang ditentukan.
Klasifikasi.
ü  Individual reservation.
ü  Group reservation.
ü  Conference reservation (rombongan perusahaan)
Media Pemesanan Kamar:
Alat penghubung yang digunakan oleh pihak pemesan dengan pihak hotel.
ü  Telephone
+:  Mudah, cepat & menghemat waktu
-:  Apabila ada kekeliruan pemesanan dan menimbulkan keluhan tamu,
+: didapat bukti karena pembicaraan tidak direkam.

Jika ada pemesanan di luar negeri dan penerima kurang dapat menangkap dialek bahasa penelepon akan mengalami kesulitan sehingga terjadi kesalahan dalam mengisi reserfation form.
ü  Letter (surat)
Pemesanan melalui surat lebih banyak dilakukan untuk pemesanan dalam jumlah besar (group). Penggunaan surat lebih efisien karena informasi yang disampaikan lebih jelas, lengkap, mudah dimengerti, ada bukti yang nyata, apabila terjadi kesalahan mengenai kamar.


ü  Telex
Alat pemesanan kamar yang cukup modern pada waktu itu, yaitu lebih cepat diterima, serta ada bukti, cara mengirimnya dengan menggunakan kode-kode tertentu.
ü  Faximile
Pemesanan kamar dengan mengunakan foto copy jarak jauh sehingga berita yang disampaikan sama persis dengan yang diterima kecepatan pengirimannya sama dengan telepon. Selain itu faximile memiliki kelebihan dalam penggunaannya yaitu dalam kedua belah pihak mempunyai tanda bukti sebagai konfirmasi dan setiap saat dapat dikirim.
ü  Komputer
Biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar maupun hotel-hotel yang bertaraf internasional yang mempunyai hubungan kerjasama dengan hotel lain (hotel chain) melalui komputer pemesanan dapat mengetahui apakah kamar masih tersedia atau penuh.
ü  Personal (langsung)
Umber pemesanan kamarDlakukan oleh orang yang bersangkutan yang secara langsung datang ke hotel.
 Sumber-Sumber Reservasi
               
Sumber pemesanan kamar yang dibuat oleh berbagai pihak.
ü  Perusahaan (swasta, asing, gabungan)
ü  Biro/Agen perjalanan
ü  Tamu dibawa oleh travel agent tersebut memerlukan tempat akomodasi.
Sumber pemesanan kamar dari travel agent dapat digolongkan menjadi 2:
ü  FIT (Free Independent Traveler/F.Individual.T)
ü  GIT (Group Inclusive Tour)/ orang-orang yang mengadakan perjalanan dalam suatu kelompok biasanya didalam GIT sudah termasuk paket perjalanan minimal jumlah kamar dalam group sebanyak 8 kamar
ü  Airlines Companies.
(awak kabin, kantor-kantor perwakilan yang terbesar di dalam luar negri)
ü  Kantor Pemerintahan
(pejabat pemerintah, tamu yang berasal dari perusahaan  negara/ BUMN)
ü  Hotel Representative
ü  Dari kantor perwakilan hotel seperti perwakilan yang berada di bandara udara.
ü  Tamu Hotel
Disebut juga sumber pemesan kamar, karena tamu dapat memesan kamar bagi orang lain untuk diri sendiri utnuk kunjungan berikutnya.
ü  Carrental Company (oenyewaan mobil)
ü  Central Reservation System
Pemesanan kamar melalui jaringan komputer yang mana jaringan itu sudah diakses ke komputer sehingga dapat melakukan pemesanan secara langsung.

Ada beberapa jenis central reservation system:
ü  An affilsate reservation: untuk hotel yang mempunyai mata rantai bisnis.
ü  A hotel Chain Propernes Con: Holidex (Holiday in Group Maxial)
ü  Hyatt Group
ü  Non Chain Properties Can LHW (Leading Hotel of the World)
ü  SRS (Steigen berger R service)
ü  Non Affiliate R Network
ü  Jaringan pemesanan kamar yang tidak terikat mata rantai hotel
ü  Individual Reservation
ü  Intercells Agencies
ü  Perusahaan yang memberikan jasa pelayanan dalam sgala sesuatu yang sifatnya pemesanan seperti tiket pesawat, sewa mobil dsb

Menerima pemesanan kamar adalah suatu kegiatan/proses mengumpulkan informasi/data tentang calon tamu dan orang yang melakukan pemesanan kamar. Informasi yang diperlukan oleh pihak hotel sebagai berikut:
ü  Jenis dan jumlah kamar yang diinginkan
ü  Jumlah orang yang akan menginap
ü  Tanggal kedatangan dan keberangkatan
ü  Nama tamu yang menginap di hotel
ü  Nama pemesan/orang yang dapat dihubungi untuk tindak lanjut informasi pemesanan kamar
ü  Nama perusahaan/biro perjalanan
ü  Alamat dan no telp perusahaan
ü  Rincian kedatangan (waktu dan transportasi yang dapat digunakan)
ü  Cara pembayaran yang digunakan
ü  Permintaan khusus
ü  Memeriksa ketersediaan kamar

Sebelum menerima suatu pemesanan kamar, adalah hal yang sangat penting dilakukan oleh seorang petugas reservasi adalah memeriksa keadaan kamar yang tersedia pada table kontrol reservasi.
Tabel ini ada beberapa macam yaitu:

FORECAST BOARD
Tabel keadaan kamar untuk masa yang akan datang bentuknya menyerupai sebuah kalender. Papan data keadaan kamar dimasa mendatang ini biasanya ditampilkan dalam periode untuk 4 bulan kedepan dan tanggal-tanggal tertera adalah mewakili informasi mengenai status kamar.

LAPORAN DI BAGIAN RECEPTION
                Laporan yang dibuat oleh reception pada umumnya disetiap hotel sama.         Laporan ini akan menjadi sumber bagi FOM untuk membuat perencanaandan keputusan yang berkaitan dengan memaksimalkan pendapatan kamar. Laporan ini biasanya dibuat oleh night reception yang kemudian diserahkan kepada night auditor untuk diperiksa apakah sudah sesuai dengan catatan kejadian pada hari ini.

Laporan yang dibuat berupa laporan tingkat hunian kamar/room sales recapitulation, laporan ini berguna, laporan ini berguna untuk melihat berapa presentasi tingkat hunian kamar dan pendapatan yang diperoleh dari kamar dengan menggunakan rumus sebagai:

Presentase tingkat hunian kamar yang diisi oleh seorang tamu 
total room sold/ payable:
total room available 12x100%

Presentase tingkat hunian kamar yang diisi  oleh 2 orang tamu 
total guest – total room sold:
total room sold x 100%

Rata-rata pendapatan perkamar:
total room revenue: total room sold

TIPE PEMESANAN KAMAR
Pemesanan kamar bergaransi/guarantees reservation.
Pemesanan kamar yang disertai dengan jaminan pembayaran. Adapun jenis guaranteed reservation adlh:
ü  Pre payment.
Pembayaran  oleh calon tamu untuk sejumlah harga kamar dan fasilitas yang dipesan selama tinggal
ü  Credit Card
Pembayaran menggunakan tagihan kartu kredit
ü  Advance Deposit
Pembayaran yang dibayarkan oleh calon tamu paling sedikit 1 malam dari harga kamar.
ü  Corporated Agreement
Bentuk kerjasama dimana perusahaan menyetujui untuk membayar sejumlah harga yang ditentukan oleh pihak hotel. Yang perlu diperhatikan sejumlah fasilitas dalam corporated, jenis kamar.
ü  Travel agen voucher
Pembayaran yang dilakukan di travel agen

Pemesanan kamar tidak bergaransi/ no guaranteed reservation. Waktu pembayaran reservasi pkl 18.00 waktu setempat (six pm release)

MEMERIKSA KETERSEDIAAN KAMAR.
Sebelum menerima suatu pemesanan kamar, adalah  hal yang sangat penting dilakukan oleh seorang petugas reservasi adalah memeriksa  keadaan kamar yang tersedia pada table Control Reservasi.

Table ini ada beberapa macam:

FORECAST BOART/TABLE keadaan kamar untuk masa yang akan datang bentuknya menyerupai sebuah kalender. Papan data keadaan kamar dimasa mendatang ini biasanya ditampilka dalam periode untuk 4 bulan kedepan dan tanggal-tanggal tertera adalah adalah informasi mengenai status kamar.

TABEL PEMESANAN KAMAR/RESERVATION CHART: Banyak hotel yang menggunakan reservation chart/tabel pemesanan kamar, tabel tersebut digunakan untuk menampilkan & mendata kamar yang tersedia. Reservation chart bisa dibedakan menjadi 2 bentuk.

TABEL CONVENTIONAL CHART


DENSITY CHART

Tidak ada komentar:

Posting Komentar